Surakarta – English tutorial program (ETP) merupakan salah satu program yang dikerjakan bidang pengembangan pembelajaran bahasa. ETP diberikan ke mahasiswa dalam semester 1 dan 2 dalam bentuk tutorial yang melibatkan mahasiswa semester 3 ke atas sebagai Tutor. Tutor didampingi oleh Pendamping Tutor yang bertugas memberikan pengayaan materi, metode dan Teknik mengajar speaking dan writing bahasa Inggris. Pengayaan materi tutorial diberikan sebelum hari sabtu dan Tutorial dilaksanakan pada hari Sabtu pukul 08 40-10 20. Materi ETP meliputi speaking skill 12 kali pertemuan untuk semester 1 dan 8 kali pertemuan untuk semester 2 dan 4 kali pertemuan untuk writing.
English Tutorial Program (ETP) bertujuan memberikan pembelajaran kepada mahasiswa UMS agar terampil bicara dalam bahasa Inggris dan menulis sederhana dalam bahasa Inggris. ETP diberikan untuk mendampingi mata kuliah Bahasa Inggris semester 1 (EAP: English for Specific Purpose) dan bahasa Inggris semester 2 (SETP: Standardized English Test Preparation). Nilai ETP mempunyai kontribusi 30% untuk mengisi nilai tugas pada nilai akhir Bahasa Inggris semester 1 dan 1 (EAP dan SETP) Pelaksanaan ETP dimulai dengan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.
Pendamping Tutor LBIPU UMS berjumlah 43 orang mempunyai latar pendidikan bahasa Inggris diwajibkan untuk melakukan penyesuaian dan update terhadap hal-hal baru, terutama saat kegiatan tutorial dengan para tutor. Para Pendamping diminta untuk memberikan metode mengajar yang kreatif dan tidak monoton kepada para tutornya, terutama pada saat kegiatan tutorial yang berorientasi pada kelanjutan penyampaian materi tersebut dari tutor kepada anggota ETP di masing-masing divisinya. Oleh karena itu, LBIPU bertanggungjawab memberikan bekal kepada para Pendamping Tutor untuk meningkatkan pengetahuan mengenai variasi metode mengajar Writing agar kedepannya mahasiswa bisa lebih memahami dan memiliki kemampuan dalam menulis.
Workshop yang bertemakan Writing Teaching Methods bermanfaat sebagai media untuk berbagi informasi dan pelatihan maupun referensi bagi sesama pPendamping Tutor dalam memberikan tutorial kepada para tutornya masing-masing. Selain itu, workshop ini juga dimaksudkan agar para Pendamping Tutor bisa saling bertukar informasi dan tips-tips terkait dalam pemberian tutorial dengan tema writing sesuai dengan kasus yang dimiliki pada divisi masing-masing yang berasal dari berbagai macam prodi.
Berdasarkan uraian di atas, tujuan workshop ini adalah untuk membangun kegiatan tutorial yang aktif dan interaktif dimana kegiatan tersebut bersifat tidak monoton dan dapat diterima oleh para tutor. Selain itu, dengan mengetahui berbagai macam metode mengajar writing diharapkan akan membantu Pendamping Tutor dalam menyiapkan kegiatan tutorial secara efektif. Setelah selesai pelatihan ini, diharapkan setiap Pendamping Tutor bisa menemukan metode mengajar yang tepat dan sesuai dengan kondisi divisi masing-masing.